Kubah Masjid Bahan Bitumen, Apakah Aman?

Ada yang baru nih dari mustaka, yuk kita baca!

Pemakaian material bahan untuk kubah sekarang semakin banyak dan sangat bermacam-macam jenisnya, mulai dari stainless steel hingga sekarang bitumen. Lalu apa itu bitumen?

bitumen

Secara singkatnya bitumen adalah cairan aspal hasil persenyawaan hidrogen dan karbon (hidrokarbon) serta sedikit memuat sulfur, klor, dan oksigen. Pada suhu ruang, aspal tampak padat padahal ia cairan yang teramat kental. Pengaplikasiannya bisa bermacam-macam, salah satunya pada genteng.

Setelah kita tahu, maka apa sih kelebihan dan kekurangannya, lalu apakah aman untuk diaplikasikan pada kubah masjid?

bitumen

Kelebihan adalah mempunyai daya tahan yang kuat sehingga dapat menghadang serangan air, api serta angina kencang. Ketahanan 20 hingga 30 tahun sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang, dan dalam satu meter persegi, beratnya mencapai 13kg. Bitumen juga mempunyai variasi serta berbagai macam warna yang tergolong sangat banyak sesuai dengan perkembangan tren saat ini.

Kekurangan dari bahan ini sangatlah sedikit namun sangat perlu diperhatikan. Perlu diketahui, harga cenderung tidak murah bahkan tergolong lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Pasalnya, tidak semua tukang mampu memasang bitumen secara rapi agar memiliki usia pakai yang panjang jadi proses pemasangan butuh penyesuaian. Pemasangan juga Membutuhkan perlengkapan instalasi yang tidak sedikit. Perawatan juga membutuhkan biaya yang cukup tinggi, Anda pun juga perlu memanggil tukang khusus apabila terjadi kerusakan pada bitumen.

Lalu amankah diaplikasikan untuk kubah masjid?

Pada dasarnya bitumen banyak diaplikasikan pada atap genteng jadi bisa dibilang aman jika untuk kubah, namun lebih amannya jika ditangani oleh tukang khusus apabila terjadi kerusakan atau melakukan servis pada kubah. Agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Ulasan diatas merupakan rangkuman dari berbagai sumber, jadi perlu kita lebih banyak tahu tentang bahan bitumen untuk project yang sedang ditangani. Semoga bermanfaat informasi yang mimin sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *