Kubah Enamel

Slide 1
PT Mustaka Multi Tehnik

Kubah panel ukuran diameter 1000 cm
Project Masjid Al Hidayah, Kendal - Jawa Tengah

Slide 3
PT Mustaka Multi Tehnik

Jl. Raya Pati - Tlogowungu Km 0,3 No 05
Margorejo, Pati, Jawa Tengah

Slide 2
PT Mustaka Multi Tehnik

Jl. Raya Pati - Tlogowungu Km 0,3 No 05
Margorejo, Pati, Jawa Tengah

previous arrow
next arrow
Shadow

Kubah enamel adalah struktur kubah yang menawarkan keindahan estetika yang unik dan lebih tahan lama karena penggunaan bahan plat baja low carbon SPCD – CD (SNI 073567 BJDD1) yang memiliki keuletan dan ketangguhan yang tinggi. Cara kerja dari bahan, pada suhu sekitar 800º C di mulai dari proses pre treatment, penghilangan minyak dan kotoran lainnya pada plat panel enamel yang melalui pemanasan pada suhu 100º C dan pengeringan dengan suhu sekitar 500º C. Cara kerja ini bertujuan agar plat baja benar-benar kering dan siap pada proses enamelisasi.

Teknik Dasar

Teknik dasar pemasangan kubah enamel sangat berbeda dengan kubah dekoratif maupun stainless pada umumnya, namun sama dengan kubah panel. Terdiri dari beberapa panel yang di susun presisi sehingga membentuk sebuah kubah dengan kombinasi warna dan corak yang indah. Enamel akan lebih tahan terhadap suhu dan cuaca ekstrim dalam jangka waktu yang lebih lama. Kubah enamel di produksi dengan mesin-mesin hidrolik sehingga ukuran setiap panelnya akan teraplikasi dengan baik ketika proses perakitan atau assembly.

kubah masjid

kubah masjid

Berikut keunggulan kubah enamel Mustaka :

Proses perakitan panel enamel dari sisi dalam kubah, di mana pada umumnya pemasangan panel enamel di lakukan dari sisi luar kubah. Hal ini di karenakan mempertimbangkan faktor K3 terutama keselamatan kru kami dan kenyamanan dalam bekerja.

 

kubah masjid

Sistem komputerisasi yang kami gunakan mampu menghasilkan pola panel enamel yang lebih presisi, hasilnya setiap panel enamel yang kami produksi sudah terdapat sistem pelubangan di awal yang nantinya di gunakan sebagai acuan dalam proses perakitan di lapangan, sistem yang kami kembangkan ini dapat mengurangi human error dan sudah terbukti di lapangan dengan durasi pekerjaan yang sangat cepat.

kubah masjid

Perakitan yang simultan, seluruh kru dapat bekerja secara bersamaan untuk mengerjakan rangka kubah sekaligus memasang panel-panel kubah, pada umumnya perakitan panel menunggu pekerjaan rangka kubah selesai terlebih dahulu, namun dengan bantuan simulasi dari tim engineering kami, semuanya secara simultan dapat di kerjakan secara serempak, mempercepat proses pekerjaan.

kubah masjid

Pemicu karat sesungguhnya bukan berasal dari material panel enamel, namun dari baut SDS/Roofing yang di pasang di sisi luar kubah. Aliran air yang berasal dari korosi baut dapat mengotori kubah. Untuk itu kami menghilangkan seluruh baut SDS/roofing yang terlihat dari luar secara minimal, kubah enamel dapat terlihat lebih bersih, rapi dan awet.

 

kubah masjid

Kami selalu mempertahankan bentuk panel enamel yang propotional di dalam setiap ukuran kubah. Tidak terlalu jajaran genjang tidak pula terlalu belah ketupat.

kubah masjid

Referensi Landasan Kubah

Beberapa hal yang menjadi sangat krusial untuk dipertimbangkan yaitu, mempersiapkan landasan kubah. Konsultasikan struktur landasan bangunan Anda dengan tim technical support kami, agar hasil project Anda berjalan optimal dan sesuai harapan. Berikut referensi gambar landasan yang ideal.

kubah masjid

Buatlah lebar tanggul minimal 5 cm dengan tinggi minimal 5 cm ini akan mencegah air hujan masuk ke dalam ruangan. Usahakan landasan menurun minimal 3 cm agar air hujan langsun turun dan tidak menggenang di permukaan landasan.

Simulasi Sketsa Kubah 2D

kubah masjid

Dengan simulasi digital kami dapat membuat pola dasar kubah dengan lebih cepat untuk proses produksi maupun di lapangan. Perhitungan yang tepat dan presisi pada simulasi tersebut akan membuat produk kubah kami dapat teraplikasikan baik dengan jangka waktu pemasangan yang begitu mudah dan cepat.

kubah masjid

Perancangan bentuk dan pola kubah yang sudah di simulasikan akan memperjelas pada irisan disetiap segment dengan radius lekukan kubah yang diinginkan. Karena setiap project memiliki karakteristik radius lekukan yang berbeda, spesifik maupun khusus meskipun besar pada ukuran diameter yang sama.
Berikut beberapa data teknis yang diperlukan saat pemesanan kubah dekoratif;
1. Diameter Bawah/Tengah (cm/meter)
2. Model Kubah (½, ¾, dan 1 Bola, dll.)
3. Tinggi Kubah (cm/meter)
4. Dekorasi Motif Kubah

Varian Model, Motif dan Jenis

Kubah panel juga banyak menawarkan keindahan estetika dengan kombinasi warna yang tersusun sesuai gambar motif yang diinginkan. Ada banyak varian model, motif dan desain panel dari produk kami mulai dari tinggi, bentuk, penambahan aksesoris, dll.

Beginilah potret aktivitas produksi kubah enamel di workshop kami.

Proses pengepress an panel enamel menggunakan mesin hidrolis yang dapat di program pada sudut lekukan di setiap ketebalan material, ketelitian pada mesin kami hingga mencapai 0,5 mm. Membentuk panel enamel propotional dan celah di setiap sudut dapat di minimalisir sebagai perlindungan pertama terhadap kebocoran. Warna hitam adalah langkah pertama dalam proses pewarnaan dasar enamel dengan suhu pengovenan 700º C. Untuk langkah kedua dan terakhir pewarnaan sesuai permintaan dengan suhu pengovenan 800º C.

kubah masjid

kubah masjid

Dalam menjaga panel enamel tetap dalam kondisi baik, di setiap sudut panel enamel harus saling terhubung dan tertutup rapat agar kecil kemungkinan akan terjadinya karat. Untuk itu diperlukan pengelasan yang maksimal agar pelapisan warna enamel juga maksimal menutupi seluruh bagian panel enamel. Perlu diperhatikan, cat enamel mudah pecah jika terkena benda tajam maupun jatuh diatas lantai yang keras. Maka dari itu kami melakukan packing enamel dengan menutup per panel enamel, bertujuan untuk meminimalisir kerusakan di waktu pengiriman dan pembongkaran.

kubah masjid

kubah masjid

kubah masjid

Pengukuran dan Pemasangan

Pengukuran akan di lakukan oleh tim marketing kami pada proses penyurveian. Pada proses ini kami akan memastikan project Anda berjalan dengan lancar, sesuai dengan perencanaan atau gambar kerja dan siap dalam tahap seterusnya hingga proses pemasangan di mulai.

Meeting Client

kubah masjid

 

Untuk kedap air pada kubah panel enamel yang kami pergunakan adalah kubah plafond dekoratif dengan bahan dasar Zincalume (BlueScoope) AZ100 Tensile Strenght Mpa 300 BMT. Rangka kubah menggunakan pipa Galvanized diameter 1,25 inch. Banyak produk kami yang sudah terpasang pada project pembangunan masjid di seluruh Wilayah di Indonesia. Kubah khas mustaka dapat di kenali secara mudah karena bentuk, warna dan motifnya begitu unik dan simpel. Produk yang bukan abal-abal dan sudah terjamin kualitas terbaiknya ini akan cocok dengan segala desain bentuk masjid dan musholla. Kunjungi Galeri kami untuk project yang terpasang lainnya.

kubah masjid

 

 

*Catatan :

PEMASANGAN ENAMEL DENGAN SISTEM MUSTAKA DI KEMBANGKAN OLEH TIM ENGINEERING MUSTAKA. MENIRU, MENGGANDAKAN ATAU MEMPRODUKSI DENGAN METODE SAMA PERSIS DENGAN SISTEM MUSTAKA ADALAH PERBUATAN YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DAN MELANGGAR HUKUM.

Admin : BN