Telusuri Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram Lombok

Masjid Raya Hubbul Wathan terletak di kota Mataram. Masjid Raya Hubbul Wathan termasuk ke dalam wilayah Islamic Center yang dibangun di atas lahan seluas 74.749 meter persegi. Desain kubah Masjid Hubbul Wathan ini dibuat mirip dengan batik khas Suku Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo). Ketiga suku itu merupakan yang terbesar di NTB.

Masjid Raya Hubbul Wathan memiliki empat menara yang mengapit di setiap sudutnya, tinggi setiap menara mencapai 66 meter. Selain itu, terdapat juga menara utama yang menjulang tinggi mencapai 99 meter di pintu masuk utama masjid. Tinggi menara 99 meter tersebut memiliki arti sebagai simbol agar masyarakat ingat dengan nama 99 nama Allah atau asmaul husna.

Menara 99 di Islamic Center Hubbul Wathan ini dibuka untuk umum atau wisatawan yang ingin menikmati view kota Mataram dari ketinggian atau sekedar melihat deretan kubah kubah masjid besar lainnya yang tersebar hampir sejauh mata memandang.

 

 

Masjid-Termegah-di-Pulau-Lombok-1
Masjid-Termegah-di-Pulau-Lombok

Masjid Raya Hubbul Wathan

Di dalam bangunan masjid, ada karpet yang membentang khusus untuk dilewati oleh wisatawan non-Muslim. Wisatawan non-Muslim yang ingin melihat keindahan arsitektur masjid diharuskan menggunakan pakaian tertutup aurat atau jubah yang telah disediakan. Disediakan tourism zone di lantai tiga sebagai pusat informasi untuk para wisatawan.

Bangunan masjid nan megah berdiri persis di jantung kota Mataram, ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dibangun di tanah seluas 6.7 hektar, Masjid Raya Hubbul Wathan atau biasa disebut Islamic Center NTB ini terlihat begitu mencolok dibandingkan dengan bangunan-bangunan lain di sekelilingnya. Terlebih lagi, di bagian atasnya terdapat kubah masjid raksasa berwarna keemasan dengan motif batik Sasambo berwarna hijau tua, sebuah motif yang merupakan motif batik khas NTB yang mewakili 3 suku yakni Sasak Samawa dan Mbojo.

Empat Menara besar berwarna serupa mengapit di setiap sudutnya, tinggi setiap Menara mencapai 66 meter. Selain itu, Menara utama yang menjulang tinggi setinggi 99 meter di pintu utama masjid melengkapi keindahan arsitektur modern ini. Tinggi Menara mewakili 99 nama Allah atau asmaul husna. Menara 99 di Islamic Center Hubbul Wathan ini dibuka untuk umum atau wisatawan yang ingin menikmati panorama kota Mataram dari Ketinggian atau sekedar melihat deretan kubah kubah masjid besar lainnya yang tersebar hampir sejauh mata memandang.

Masjid ini kini menjadi kebanggaan masyarakat NTB pada umumnya dan Lombok khususnya. Hampir setiap upacara keagamaan diselenggarakan di masjid ini. Bulan Ramadhan tahun 2017 lalu dan Ramadhan tahun 2018 ini, Islamic Center Hubbul Wathan dimeriahkan oleh hadirnya 4 imam besar dunia. Selain berwisata, kamu bisa merasakan sensasi sholat tarawih layaknya di Masjidil Haram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *