Kubah Panel Warna

kubah masjid jenis kubah panel

Kubah dengan berbahan dasar Zincalume® (BlueScope Steel) yang terdiri dari beberapa panel yang disusun dengan presisi sehingga membentuk sebuah kubah dengan bentuk warna dan corak yang indah, memakai teknik pelapisan modern dan diproduksi dengan mesin-mesin hidrolis sehingga ukuran setiap panelnya akan teraplikasi dengan baik ketika proses
perakitan.

Parameter yang diperlukan saat pemesanan kubah panel :
Diameter Bawah ( Cm / Meter )
Diameter Tengah ( Cm / Meter )
Tinggi Badan Kubah ( Cm / Meter )
Model Kubah ( ½ Bola, ¾ Bola, 1 Bola dll )
Motif dan warna panel
Dan spesifikasi khusus lainnya

Kubah Panel Warna memiliki variasi model kubah yang sangat luas, seperti halnya dengan kubah stainless steel, anda dapat
memilih berbagai jenis model kubah mulai dari model ½ Bola, ¾ Bola maupun 1 Bola.

kubah panel 2
(Divisi Engineering Design)

Di bagian perancangan kami mendesign setiap project kubah panel dengan ukuran dan pola panel yang spesifik, dikarenakan setiap project dari customer selalu menggunakan model yang berbeda beda meskipun memiliki besaran diameter yang sama.

Untuk mencapai ketelitian yang tinggi kami menggunakan bantuan software untuk dapat mengkonversi bentuk simulasi dari Folded Pattern (3D) ke Flat Pattern (2D), hasilnya kami dapat mempertahankan sudut panel agar selalu proposional (yang menjadi ciri khas kubah Mustaka) dan dapat mengetahui posisi lubang lubang panel sesuai dengan koordinatnya.

Dengan teknik seperti ini proses perakitan rangka kubah dan proses perakitan panel luar dapat berjalan secara simultan (berbarengan tidak perlu menunggu proses rangka selesai terlebih dahulu), metode seperti inilah yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain sekaligus menjadikan metode kami unik dan original hasil dari pengembangan tim teknis Mustaka.

kubah masjid jenis kubah panel

Contoh visualisasi kubah panel sebelum masuk ke tahap produksi, visualisasi 3D ini sangat membantu pihak panitia masjid dalam memberikan keserasian warna, design, dan corak bangunan masjid yang akan dikerjakan.

 

kubah masjid jenis kubah panel 4

Salah satu kelebihan lain yang dikembangkan secara original oleh tim teknis Mustaka adalah dimana bentuk panel yang kami rancang memungkinkan untuk dipasang dari dalam kubah itu sendiri (tidak diluar kubah) disamping dapat menunjang faktor keselamatan tenaga rakit sekaligus metode pemasangan kubah panel seperti ini menjadikan posisi baut SDS berada disisi dalam kubah (baut SDS tidak nampak dari luar), sehingga bentuk kubah jika dilihat dari luar akan tampak lebih rapi dan lebih indah.

 

Kubah Panel juga dapat dibuat variasi seperti (tambahan ornamen, dan variasi warna pada nut panel) seperti tampak pada foto diatas, project yang dikerjakan oleh PT Mustaka.

 

Bersama dengan tim teknis, marketing dan didampingi pimpinan kami (Bp. Sugiharto, SP.) kegiatan konsultasi design dan silahturahmi dengan panitia masjid kerap sekali dilakukan sebelum melakukan pembangunan kubah masjid, dan terlihat di foto sebelah kanan, penandatanganan surat jual beli (MOU) antara pihak panitia dan PT Mustaka Multi Tehnik sebagai pelaksana.

 

Salah satu staff produksi yang sedang melakukan profiling untuk produk kubah panel, proses tekuk panel menggunakan mesin hidrolis yang dapat diprogram sudut tekuk dan ketebalan materialnya, sehingga bentuk panel bisa propotional, dan celah-celah dapat diminimalisir sebagai perlindungan pertama terhadap kebocoran, ketelitian mesin kami hingga 0,5 mm.

 

 

Staff produksi di bagian pengecatan sedang melakukan setting parameter untuk mesin oven powder coating, mesin oven kami sudah dilengkapi HMI (mampu mengontrol 4 mesin oven sekaligus hanya dengan 1 panel layar) dan juga untuk bagian temperature control sudah dilengkapi dengan teknologi PID, yaitu sistem controller yang mampu mendeteksi dan memperkirakan karakter mesin oven sehingga didapatkan angka temperatur yang akurat untuk mendapatkan kualitas cat yang sempurna.

 

Beberapa panel kubah yang sudah diproduksi dan siap dikirim ke lokasi, kualitas pelapisan dan kerapian proses tekuk adalah prioritas kami.
Untuk proses pelapisan, kami menggunakan teknik pelapisan serbuk atau biasa disebut powder coating, untuk tahu lebih jauh tentang powder coating silahkan klik tautan ini.

 

Mengapa harus Kubah Mustaka?

 

  1. Pada proses perakitan dimana setiap dimensi panel dan pelubangan sudah disiapkan sejak awal, komputerisasi dengan menggunakan software khusus menghasilkan hasil flat pattern dan pelubangan yang presisi, sehingga pemasangan dilokasi lebih mudah, lebih cepat, tidak memerlukan banyak tenaga kerja dan dengan teknik tersebut perakitan dapat dilakukan dari dalam kubah (bukan disisi luar kubah yang lebih berbahaya), sehingga keselamatan dan keamanan (K3) tenaga perakit lebih terjamin.
  2. Dengan sistem yang kami kembangkan sendiri mampu menciptakan sambungan antar panel dengan memakai baut SDS
    dengan pemasangan dari dalam (Baut tidak tampak dari luar) sehingga tampilan luar kubah panel tampak lebih rapi.
  3. Setiap pieces panel kami memiliki tinggi nut yang berbeda – beda, hal ini untuk mengantisipati ketika panel disusun akan terjadi penumpukan pada setiap sudutnya, pada umumnya kontraktor lain mempunyai 4 lapisan penumpukan, sistem kami hanya memiliki 1 lapisan penumpukan, hasilnya tinggi nut antar panel akan sama dan tampak lebih rapi.
  4. Setiap pieces panel memiliki lubang sebagai tanda matching (pin locking), fungsinya hanya untuk mencocokan posisi panel berikutnya dan memastikan lubang – lubang tersebut saling matching dengan panel lainnya sehingga perhitungan software dapat terimplementasi dengan baik, jadi pemasangan panel tidak improvisasi dilapangan.

*Catatan :
PEMASANGAN PANEL DENGAN SISTEM MUSTAKA DIKEMBANGKAN OLEH TIM ENGINEERING MUSTAKA, MENIRU,
MENGGANDAKAN ATAU MEMPRODUKSI DENGAN METODE SAMA PERSIS DENGAN SISTEM MUSTAKA ADALAH
PERBUATAN YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DAN MELANGGAR HUKUM
Untuk melihat foto foto kubah masjid dekoratif lainnya silahkan kunjungi galeri kubah panel warna :
Produk lainnya :
– Kubah Masjid Dekoratif Warna
– Kubah Masjid Panel / Enamel Warna
– Turbine Ventilator
– Air Grille & Louvre
– Jendela Aluminium Linka

Mitra Kami